Tugas PAP kelas B2 Matakuliah Percangan Antarmuka Pengguna, Struktur menu pada web jne.co.id beserta penjelasannya !
A. Teori Pendukung :
I. Struktur Menu dan Menu
Tujuan dari pembuatan menu, form fill-in, dan dialog-box : membuat suatu tugas (task) menjadi wajar dan masuk akal, mudah dipahami dan mudah diingat oleh penggunanya. Adapun struktur menu dikelompokkan seperti pada gambar dibawah ini :
Jenis-jenis menu yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1) Menu Tunggal (single menus)
• mnemonic letter : pilihan item menggunakan huruf awal
• radio buttons : dengan bentuk radio button
• button choice : menggunakan bentuk tombol/button
• multiple-selection menus atau check boxes : item-nya diseleksi dapat lebih dari satu
• pop-up menus atau context menus : diaktifkan dengan mengklik tombol kanan mouse pada area yang ditentukan
• scrolling – listbox choice : dengan menggunakan bentuk listbox
• scrolling – combobox choice : menggunakan bentuk combobox
• trackbar menu atau alpha-slider menu : dengan menggeser penunjuknya
• embedded links / hyperlinks : item-item disusun tidak beraturan atau mengikuti alur
cerita, contoh : tampilan browser atau help windows
• main menu, iconic menus, toolbars, atau palettes : menu yang digabung dengan icon
2) Linear sequences dan multiple menus
• memandu pengguna untuk proses yang kompleks
• contoh : clue cards atau wizard
3) Tree-structured menus
Terdiri dari : TreeView Menus, List View Menus, Tree-Struktured Menu (Tree View dan List View).
4) Menu Maps
Efektif untuk meminimasi pengguna supaya terarah. Tampilan menu menggunakan arah / alur atau peta ini efektif untuk meminimasi pengguna yang tidak terarah .
5) Menu Coolbar
Menu ini mirip seperti menu toolbar, hanya saja Coolbar lebih dinamis penampilannya karena item yang dimunculkan bisa diatur tata letaknya, misal jika barnya diklik ganda, digeser (drag) maka posisinya akan berubah.
II. Strategi Mengelompokkan Menu
Ada sejumlah cara bahwa item dalam menu dikelompokkan bersama. Hal ini termasuk :
Pengkategorian : pilihan dari tipe yang serupa ditempatkan bersama
Urutan yang lazim : misal nama hari dalam satu minggu
Jumlah pemakaian : pilihan yang digunakan terletak dekat dengan bagian atas dari menu.
Pastikan tidak ada item menu yang duplikasi atau overlapping
Gunakan istilah yang umum.
III. Urutan Penampilan Item Menu
Urutan dari item menu sangat penting dan sebaiknya mengikuti urutan alamiah seperti urutan :
Waktu
Urutan angka
Properti secara fisik
Apabila ditemukan kasus pengurutan tugas tidak memiliki hubungan satu sama lainnya, perancang harus memilih dengan urutan sebagai berikut jika dimungkinkan :
Urutan alfabet
Pengelompokan item yang serupa
Letakkan item yang sering digunakan diurutan terdepan (paling atas/paling kiri)
Letakkan item yang paling penting di urutan pertama
IV. Tata Letak Menu
a. Judul
Untuk menu tunggal, gunakan judul yang sederhana. Sedangkan untuk tree-structured menus, gunakan kata-kata pada item menu. Pada tingkat yang lebih tinggi, sebaiknya dimunculkan pada judul menu dibawahnya.
b. Frase dari Item Menu
Gunakan istilah yang umum/familiar dan konsisten
Yakinkan bahwa setiap item berbeda dengan lainnya
Gunakan frase yang konsisten dan pasti
Letakkan keyword di sebelah kiri.
c. Tata Letak dan Desain Monitor (Graphic)
Ada beberapa batasan yang digunakan antara lain :
Lebar dan panjang layar
Display rate
Character set
Higlighting techniques
Panduan untuk konsistensi menu dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
Judul
Penempatan item
Intruksi-intruksi
Error messages
Status report
Teknik yang digunakan antara lain :
Indentasi
Upper/lower case character
Simbol-simbol seperti * atau – untuk membuat separator atau outlines
Penanda posisi
Cascading / walking menus
Magic lens
(Sumber : Modul Kerjalab Perancangan Antarmuka Pengguna, Laboratorium Sistem Informasi dan Multimedia, Universitas Gadjah Mada)
PENGIMPLEMENTASIAN STRUKTUR MENU PADA SITUS jne.co.id
Perancangan struktur menu sebagai berikut :
Penjelasan sebagai berikut :
Menu utama pada situs jne.co.id meliputi 3 menu yaitu home, career dan contact us yang terletak paling atas pada parancangan antarmuka situs jne.co.id
Main menu atau menu utama memiliki sub-sub menu berdasarkan kategori atau berdasarkan aliran fungsi pada masing-masing menu. sub menu yang ditampilkan adalah sebagai berikut :
- Company (company profile) : merupakan sub menu yang menjelaskan tentang informasi umum tentang perusahaan seperti : jajaran komisaris dan direksi pada perusahaan jasa pengiriman barang (JNE), visi dan misi perusahaan dan informasi umum.
- Services (Our Several Services) : merupakan sub menu yang menjelaskan tentang informasi tentang informasi service di JNE.
- Service express : meliputi informasi service jasa kurir dalam negeri atau intra kota dan informasi service jasa kurir luar negeri.
- Logistics : meliputi informasi tentang jasa cargo international, jasa layanan kepabean, jasa pindahan- angkutan darat-pergudangan.
- Money Remmitances : meliputi informasi tentang jasa pengiriman uang di jne yang bekerjasama dengan perusahaan kelas dunia dibidang pengiriman uang. Divisi Money Remittance JNE saat ini mampu melayani pengiriman uang 24 jam* sepanjang hari. Hanya dalam hitungan menit, dana dapat dikirim dan diterima melalui jaringan Western Union di seluruh dunia termasuk jaringan JNE di seluruh Indonesia.
- Airport Greeting Service : meliputi informasi tentang Divisi Express JNE yang menyediakan jasa pendampingan dan penjemputan yang akan membantu pelanggan melalui proses imigrasi, kepabeanan dan pengurusan bagasi. Selain itu JNE pun dapat membantu pengaturan perjalanan bagi pelanggan, mulai dari pembelian tiket pesawat dalam dan luar negeri, transportasi di kota tujuan, pemesanan kamar penginapan, sampai dengan reservasi dokter di negara tujuan (Medical Travel Service).
- Other Informastion : meliputi informasi lain tentang services yang diterapkan di JNE.
- Network (Our Network) : meliputi informasi tentang perkembangan perusahaan sejak beridiri sampai sekarang yang meliputi berdirinya berbagai kantor cabang jne yang terletak di seluruh kabupaten nusantara.
- News & Promo (News and Promo Our Service) : meliputi informasi tentang berita dan promo yang diselanggarakn di jne
- Bussines Oppotunity (New Customer and New Agent) : meliputi informasi tentang syarat ke agenan cash counter jne dan syarat pelanggan perusahaan.
- Clients (Our Client) : meliputi tentang informasi daftar client yang dimiliki oleh jne atau pun yang kerjsama antar perusahaan.
pembahasan sangat menarik